Buku Tamu

Latar Belakang Lahirnya Kerajaan Loloda

Latar Belakang Lahirnya Kerajaan Loloda
 Lahirnya kerajaan-kerajaan dimaluku tidak terlepas lahirlah kerajaan Loloda, selain kerajaan Ternate, Bacan, Tidore dan  Jailol. Kerajaan di maluku atau “Moluku kie raha,empat kerajaan di kepulauan yang berkembang, sementara kerajaan loloda dan yang lainya kerajaan moro obi, tidak begitu berkembang seperti kerajaan lainya.
Mula-mula terbentuk kerajaan –kerajaan ditanah moluku atau mollucas berawal dari Jafar Sadik seorang Tokoh yang dikenal pada jaman Abad 13. Ada beberapa hikayat tentang Jafar Sadik baik di ternate, tidore maupun Bacan, menurut sejarah Bacan, Jafar Sadik mempunyai 4 anak laki-laki dan empat anak perempuandan merupakan awal babak terbentuknya kerajaan-kerajaan di bumi moluku  
Kerajaan loloda terbentuk dari anak perempuan Jafar Sadik yaitu Boki Sagarnawi yabg selanjutnya berkembang turun temurun. Sementara 3 anak perempuan lainya membentuk kerajaan tombungku Boki Sadarnawi Keraajaan Banggai Boki Sakarnawi, sedangkan anak laki-laki yaitu Said Muhammad Bakir menjadi Raja Bacan Said Ahmad sari menjadi raja Jailolo Said Muhammad Nahil menjadi Raja Tidore, Said Muhamad Nuravafor menjadi raja Ternate Kerajaan Loloda terbentuk berkisar tahun 1200, Sebab pada tahun 1250 terjadi perkawinan antara Raja Loloda dan Putri Jailolo dan diperkirakan kerjaan Loloda lebih dulu terbentuk dari kerajaan Jailolo, jadi ada perkawinan politik antara penguasa loloda dan penguasa jailolo dan akhirnya pada tahun 1250 kerajaan jailolo tentorialnya mencakup hampir seluruh Halmahera termasuk kerajaan loloda. 
Ketika bangsa eropa tiba dimaluku awal abad 16 kerajaan loloda sudah tidak berperan dan tidak berpengaruh karena sudah diamuksasi oleh kerajaan ternate, namun hingga tahun 1662 kerajaan loloda yang berpenduduk sekitar 200san orang masih diberikan kesempatan menggunakan gelar kolano raja loloda.
Demikian dalam perjuangan nuku melawan belanda barisan penasehat yang diangkat adalah 5 orang antara lain imam loloda 2 dari maba, 1 dari galela, 1 dari maluku.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Kotak Pencarian

Pengikut

Daftar Blog